8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja

8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja
8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja - Percaya diri merupakan suatu hal yang wajib dimiliki seseorang. Karen di jaman yang penuh dengan teknologi saat ini kepercayaan diri sangatlah dibutuhkan. Terlalu lama tidak percaya diri akan menimbukan rasa rendah diri. Karena ketika kita sudah mampu memperoleh kepercayaan diri, maka dengan sendirinya, sifat rendah diri itu akan hilang. Akan tetapi ingat, rendah diri berbeda dengan rendah hati. Rendah diri adalah sifat buruk yang terjadi sebab seseorang tidak memiliki rasa percaya diri yang bagus dan baik. Sedangkan rendah hati adalah sifat baik di mana seseorang bisa lebih menghargai dirinya & orang lain di sekitarnya.

Nah, Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri tersebut? dan Bagaimana cara menghilangkan sifat rendah diri terutama pada remaja ?

Ada beberapa cara yang dapat dijalani untuk meningkatkan kepercayaan diri, sebagai berikut :

1. Belajarlah untuk melakukan hal-hal yang berguna.


8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja

Lakukan sesuatu dan belajarlah untuk melakukan sesuatu yang berguna buat hidup anda. Berdiam diri & tidak melakukan apa pun, hanya sebagai penonton saja membuat seseorang tidak akan berkembang. Melakukan sesuatu yang berguna bagi kehidupan anda & orang lain akan membuat kamu menjadi orang yang berharga dan dihargai. Dua hal yang dapat meningkatkan rasa percaya diri.

2. Belajar untuk Mengambil Keputusan


8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja

Belajar mengambil keputusan Mengambil sebuah keputusan dalam hidup memerlukan sebuah kepercayaan diri. Belajar mengambil keputusan berarti belajar melatih kepercayaan diri. Orang-orang yang tidak memiliki rasa percaya diri, tidak akan berani mengambil sebuah keputusan dalam hidupnya. Dia selalu bertanya kepada orang lain & meminta mereka menentukan apa yang harus dia lakukan, apa yang terbaik buat dirinya. Bertanya sebelum mengambil sebuah keputusan tentu dianjurkan. Akan tetapi, pengambilan keputusan harus dilakukan oleh anda sendiri tanpa adanya intervensi dari pihak lain.

3. Lakukan hal-hal positif yang anda sukai.

Nikmati apa yang anda kerjakan Menikmati apa yang kita lakukan adalah sebuah indikasi bahwa kita telah melakukan sesuatu yang benar. Melakukan sesuatu yang baik dengan hasil yang memuaskan akan menambah kepercayaan diri.

4. Kenali siapa diri anda yang sebenarnya.

Kenali dirimu Sudahkah kamu mengenali siapa diri kamu yang sebenarnya? Seperti apa dirimu? Apa yang menjadi kelebihanmu dan apa yang menjadi kekuranganmu? Dari situ, kamu akan tahu harus melakukan apa dalam hidup kamu.

5. Membenahi diri / mengintropeksi diri
.
Membenahi kekurangan Setelah kamu berhasil mengoptimalkan kelebihanmu, barulah mulai memperbaiki kekurangan kamu sedikit demi sedikit. Tapi jangan terlalu fokus dalam memperbaiki kekurangan, sehingga kamu lupa mengasah dan meningkatkan kelebihan yang kamu miliki.

6. Berani mencoba.


8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja

Berani mencoba Jangan takut salah dan gagal. Setiap orang pernah salah dan pernah gagal. Kesalahan akan membuat kita lebih berhati-hati. Dan kegagalan adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Jangan pernah berhenti untuk melakukan sesuatu, mencoba dan terus mencoba. “kegagalan yang sebenarnya, adalah saat di mana kita berhenti mencoba.”

7. Selalu bersikap tenang.

8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja
Bersikap tenang & wajar Grogi, ragu, malu, bimbang & cemas adalah sebuah indikasi seseorang sedang tidak memiliki kepercayaan diri yang baik. Cobalah untuk bersikap tenang & wajar. Fokus pada apa yang akan anda lakukan. Dengan bersikap tenang, anda akan lebih bisa menguasai keadaan baik keadaan di sekitarmu atau pun keadaan dalam diri sendiri. Mampu berpikir lebih kreatif dan realistis.

8. Belajar dari buku-buku cara menambahkan rasa percaya diri.
Belajar dan menambah wawasan Kepercayaan diri akan timbul dengan sendirinya ketika kamu sudah memiliki ilmu dan wawasan yang luas. Dengan memiliki wawasan yang luas seseorang akan lebih mampu dan dan tahu bagaimana cara bersikap dan menyelesaikan masalah. Wawasan membuat seseorang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak. Tapi ingat, Jauhkan diri kamu dari sifat sombong dan meremehkan orang lain.

Bagaimana anda sekarang sudah mengerti cara meningkatkan rasa percaya diri tersebut.
Sekian dari artikel 8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel